Tips & Tutorial
pagifarm

Atasi Gagal Panen dengan Hidroponik, Pernah Coba ?

Bingung mau menanam apa di musim kemarau panjang seperti sekarang ? Sudah menemukan rencana ingin bercocok tanam tapi takut gagal panen karena belum tau sistem tanam apa yang cocok ? Cuaca ekstrem seperti sekarang ini bukan lagi alasan untuk kita tidak bisa bercocok tanam. Ditambah, zaman yang kian canggih akan teknologinya yang menjadikan petani tidak perlu lagi harus repot kotor-kotoran di kebun, apalagi sampai mencangkul dibawah teriknya matahari. Kini, ada angin segar untuk para petani yang ingin mencoba hal baru. Hidroponik, sistem pertanian yang menggunakan media air mampu membawa pengalaman baru dan keren dalam bertani. Berbagai jenis sayuran, buah, dan tanaman hias pun mampu ditanam melalui media ini.

Pemandang tanaman tumbuh dengan subur tanpa bergantung pada cuaca pun memang tampak nan cantik dan menarik berada diatas pipa yang tersusun dengan aliran air dibawahnya. Hidroponik bisa dijadikan spot foto yang bagus dan eye catching juga loh untuk kalian yang hobi memposting foto dengan hasil  instagramable. Dengan begitu, pancaran akan keseruan dan kebahagiaan bertani hidroponik pun akan mampu membawa pengaruh yang positif pada khalayak ramai. Bisa dibayangkan kalau kita memiliki perkebunan sendiri di lahan rumah yang terbatas, akan menciptakan rasa kepuasan tersendiri. Karena dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa tanaman juga dapat menjadi obat penghilang stress bagi masyarakat urban. Aktivitas-aktivitas bercocok tanam seperti menyemai sampai memanen pun tentu menjadi kepuasan tersendiri di luar rutinitas yang padat. Dan tidak perlu khawatir lagi kalau tiba-tiba harga sayuran melonjak tinggi karena musim hujan yang menyebabkan gagal panen para petani konvensional. Kita bisa memetik cabai dan tomat sendiri loh dari hasil panen hidroponik dirumah tanpa harus pergi ke warung atau menunggu abang penjual sayur. Untuk praktik hidroponik pun sebenarnya tidaklah sulit, tetapi dibutuhkan passion besar dan ketekunan dalam bertani. Akan tetapi dalam mengatasi hama, di hidroponik memiliki keunikan yang menarik, yaitu dengan menggunakan pestisida atau insektisida nabati yang terbuat dari ekstrak daun mint, cabai, ataupun lavender yang diformulasikan memberantas hama dengan bijak dan ramah lingkungan sehingga menghasilkan hasil panen yang organik.

Kemandirian dan ketahanan pangan masyarakat saat ini bisa dicapai dari bertani dengan hidroponik. Bukan hanya sebatas hobi, hidroponik sebenarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai usaha pertanian yang berkelanjutan. Bahkan, jika hidroponik sudah dilakukan oleh masyarakat secara masif, Indonesia tidak perlu lagi bergantung pada hasil impor. Mari kita wujudkan gerakan “Grow Your Own Food” sebagai bukti nyata kita mampu menjadi petani yang cerdas.

Komentar

X